Waspada! Cuaca Tidak Menentu Menyebabkan Anak Sakit
HK Vector

Belakangan ini cuaca tidak menentu dengan perubahan yang berubah secara tiba-tiba. Mulai dari panas yang menyengat hingga hujan deras yang tak terduga. Pola cuaca yang tidak menentu ini dapat membawa risiko kesehatan dan berpotensi melemahkan sistem kekebalan tubuh terutama bagi anak-anak, lho!

Jadi, bagamaina cara melindungi diri dan anak-anak dari cuaca yang tidak menentu? Yuk, terus membaca artikel di bawah ini!

Penyebab Cuaca Tidak Menentu

Penyebab perubahan iklim global atau cuaca yang tidak menentu sebagian besar disebabkan oleh peristiwa pancaroba. Pancaroba adalah saat peralihan antara dua musim, seperti saat musim kering beralih ke musim hujan atau saat musim hujan berubah menjadi musim kering. 

Lebih lanjut, musim di Indonesia mempunyai iklim tropis dengan tiga jenis musim, yaitu musim kemarau, musim hujan, dan pancaroba. Biasanya, musim-musim ini terjadi mulai dari bulan Juni hingga Agustus, sementara musim hujan umumnya berlangsung dari bulan Desember hingga Februari.

Perubahan kondisi cuaca yang mungkin terjadi dengan karakteristik ekstrem ini seringkali disertai dengan hembusan angin yang kencang dan menderu. Sehingga dalam satu hari seseorang bisa mengalami suasana mendung yang membawa rasa dingin atau sinar matahari yang panas.

Baca juga: Polusi Jadi Isu Faktor Penyebab Stunting pada Anak

Dampak Cuaca Tidak Menentu bagi Kesehatan Anak

Faktor penyebab perubahan iklim seringkali disebabkan oleh kondisi cuaca yang ekstrem saat berubahnya musim. Namun, perubahan cuaca yang tidak menentu ini dapat berdampak negatif terhadap kesehatan, terutama bagi anak-anak. Lalu, apa saja dampak buruknya? Berikut adalah beberapa yang perlu diperhatikan.

Flu dan Demam Berdarah

Saat musim pancaroba virus Influenza memiliki lebih banyak kesempatan untuk menyebar. Kondisi lingkungan yang lembab dapat memperpanjang kelangsungan hidup virus tersebut dan memengaruhi sistem imun anak-anak.

Selain itu, musim hujan juga sering memicu peningkatan kasus demam berdarah. Demam berdarah disebabkan oleh nyamuk dan nyamuk berkembang biak di genangan air akibat hujan. Semakin deras hujan, semakin banyak nyamuk yang sehingga dapat meningkatkan kasus penyakit ini.

Menurunnya Vitamin D

Cuaca sering mendung dapat mengurangi kesempatan untuk anak-anak mendapatkan cukup Vitamin D dari sinar matahari. Cuaca mendung bisa membuat anak-anak kesulitan mendapatkan asupan Vitamin D yang diperlukan untuk menjaga kekuatan tubuh mereka. Oleh karena itu, penting bagi orang tua memberikan anak minum vitamin tambahan agar tubuh mereka tetap sehat.

Udara yang Lebih Dingin

Cuaca yang tidak menentu dapat menyebabkan penurunan suhu lingkungan, yang pada gilirannya dapat memengaruhi sistem kekebalan tubuh anak-anak. Hal ini membuat anak-anak lebih rentan terhadap serangan virus dan penyebaran penyakit.

Penyakit Diare

Perubahan musim yang tiba-tiba juga bisa menyebabkan diare pada anak-anak. Kehadiran virus dan bakteri biasanya meningkat secara signifikan selama musim pancaroba, dan ini dapat berpotensi menyebabkan anak-anak mengonsumsi makanan yang mungkin tidak steril atau bersih. 

Tips Menghadapi Cuaca Tidak Menentu

Perubahan iklim yang tiba-tiba dapat berdampak negatif pada kesehatan anak-anak. Apa saja langkah-langkah yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk memastikan bahwa anak tetap sehat? Jangan bingung! Berikut beberapa tips yang bisa diikuti!

Minum Air Putih yang Cukup

Minum banyak air putih adalah salah satu cara menjaga kesehatan anak-anak saat musim yang tiba-tiba berubah. Ini membantu anak tetap terhidrasi dan menjaga sistem kekebalan tubuh mereka. Misalnya, saat cuaca sangat panas, penting bagi anak-anak untuk mendapatkan jumlah air yang mencukupi.

Menerapkan Pola Makan Sehat

Memiliki nutrisi dan diet yang tepat dapat mempersiapkan anak-anak agar memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat, terutama pada musim pancaroba. Memberi makan anak-anak dengan sayuran dan buah-buahan dapat menjaga tubuh mereka tetap sehat dari virus.

Rutin Berolahraga

Berikan kesempatan untuk anak berpartisipasi dalam olahraga atau bermain olahraga favorit mereka saat cuaca tidak menentu. Berolahraga dapat membantu anak-anak melawan virus & bakteri, dan aktivitas fisik menjaga tubuh mereka tetap sehat.

Istirahat yang Cukup

Memastikan anak-anak tidur cukup adalah salah satu tips terpenting yang dapat dilakukan oleh orang tua untuk menjaga kesehatan anak-anak. Mendorong anak-anak untuk tidur minimal 8 jam membantu mereka menghindari potensi penyakit dan menjaga tubuh tetap segar.

Baca juga: Cara Mebiasakan dan Manfaat Minum Air Putih untuk Anak

Pola Makan Sehat dari Hoala & Koala 

Cuaca yang tidak menentu dapat menyebabkan perubahan cuaca ekstrem. Baik itu berupa cuaca yang sangat panas atau hujan yang dingin, kondisi ini dapat berdampak negatif pada kesehatan anak-anak. Oleh karena itu, itulah mengapa anak-anak perlu dipersiapkan agar mereka tetap sehat dan terlindungi dari penyakit.

Hoala & Koala juga memainkan peran dalam mendorong anak-anak untuk makan makanan sehat agar imun tubuh mereka tetap kuat. Melalui lagu-lagu seperti “Pola Makan Sehat,” Hoala & Koala mengajak anak-anak untuk mengonsumsi sayuran dan makanan yang baik untuk tubuh.

Yuk, tetap jaga pola makan sehat seperti Hoala & Koala!