HK Vector

Menerapkan gaya hidup sehat sangat penting untuk pertumbuhan seseorang, terutama anak-anak. Membentuk pola hidup sehat sejak dini tidak hanya berdampak bagi kesehatan anak-anak, tetapi juga memengaruhi perilaku mereka dalam menjalani kehidupan yang lebih baik.

Artinya sangat penting bagi orang tua untuk mengetahui apakah anak sudah tahu menjalani pola hidup sehat. Mau tahu bagaimana cara mengajarkannya kepada anak? Yuk, cari tahu lebih lanjut dengan membaca artikel ini!

Pola Hidup yang Sehat untuk Anak

Pola hidup sehat adalah cara hidup dengan mengonsumsi makanan nutrisi yang seimbang, berolahraga rutin, dan tidur cukup. Anak-anak Indonesia masih berisiko tinggi terkena penyakit kronis saat dewasa, karena masih banyak di antara mereka yang belum menerapkan hidup sehat. Sehingga, menerapkan kebiasaan sehat untuk mendorong gaya hidup adalah penting.

Menurut penelitian di Amerika Serikat, anak-anak yang mengonsumsi buah dan sayur setiap hari cenderung lebih sehat. Studi pada tahun 2015 juga menunjukkan bahwa anak-anak yang makan 7-9 porsi sayur sejak kecil memiliki risiko penyakit jantung 25% lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang hanya mengonsumsi 2-4 porsi.

Tidak hanya di Amerika Serikat, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia juga menyarankan agar anak-anak mengonsumsi makanan bergizi sejak usia dini, bahkan pada balita yang sudah memiliki gigi dan dapat mengunyah makanan.

Selain itu, tujuan dari pola hidup sehat adalah untuk mencegah kemungkinan munculnya masalah kesehatan seperti tekanan darah tinggi, stroke, diabetes, dan berbagai penyakit lainnya pada masa dewasa. Oleh karena itu, tindakan untuk memberikan pemahaman dan mendorong pola makan sehat pada balita menjadi sangat penting dalam menjaga kesehatan mereka.

Baca juga: Apa Sajakah Ciri-ciri Anak Sehat? Yuk Ketahui Bersama-sama!

Peran Penting Orang Tua dalam Menerapkan Pola Hidup Sehat Anak

Orang tua memegang peran terpenting dalam membentuk pola hidup sehat anak-anak. Hal ini dikarenakan interaksi sehari-hari anak dengan keluarganya sangat besar. Anak-anak cenderung akan meniru apa yang mereka lihat dan pelajari dari orang tua.

Namun, bukan hanya tentang membimbing, pola hidup sehat sebaiknya ditanamkan sejak usia dini. Ini akan membentuk kebiasaan yang akan mereka bawa hingga dewasa nanti. 

Cara Membiasakan Pola Hidup Sehat Sejak Dini

Kesehatan bukan hanya perihal orang dewasa. Faktanya, penting untuk mengenalkan gaya hidup sehat sejak dini agar anak-anak terhindar dari kebiasaan yang tidak sehat. 

Lalu, bagaimana cara mengajarkan anak-anak untuk memulai gaya hidup sehat? Berikut adalah beberapa tips yang bisa diikuti.

Memberi Contoh

Cara pertama yang dapat digunakan oleh orang tua adalah memberikan contoh pola hidup sehat. Orang tua memiliki kesempatan besar untuk membantu membentuk kebiasaan anak dan struktur gaya hidup mereka. Menjadi contoh yang baik bagi mereka, akan lebih mudah bagi anak untuk mengikuti dan meniru kebiasaan sehat sejak dini. 

Berikan Makanan yang Sehat 

Cara kedua adalah memberikan anak pilihan makanan yang sehat secara konsisten. Memberikan makanan bergizi setiap hari dapat membantu anak menjadi akrab dan mengembangkan preferensi terhadap pilihan makanan yang sehati. Ini akan membentuk dasar yang kokoh untuk kebiasaan makan sehat dalam waktu jangka panjang. 

Aktivitas Fisik Bersama Anak

Melakukan aktivitas olahraga atau fisik adalah cara ketiga untuk membiasakan anak dengan pola hidup sehat. Tubuh anak membutuhkan setidaknya satu jam aktivitas fisik, dan dengan menjalani latihan atau bermain olahraga secara teratur, hal ini dapat meningkatkan minat mereka terhadap kegiatan sehat.

Hindari Memberi Makanan sebagai Hadiah

Cara keempat adalah dengan tidak memberikan makanan kepada anak sebagai hadiah. Misalnya, ketika anak meraih nilai bagus, orang tua memberikannya permen atau makanan tidak sehat. Ini dapat membuat anak menganggap bahwa makanan tidak sehat merupakan sesuatu yang menarik dan hadiah untuk perilaku yang baik.

Tidur Cukup dan Batasi Kehadiran Gadget dalam Kamar

Menerapkan jadwal tidur yang tepat dan membatasi penggunaan gadget adalah cara kelima yang dapat diikuti oleh para orang tua. Setiap anak memerlukan tidur yang cukup untuk pertumbuhan dan kesehatan mereka, dan mengelola waktu dan jadwal tidur mereka sangat penting dalam menjalani gaya hidup yang sehat.

Tidak hanya itu, membatasi waktu penggunaan gadget juga merupakan hal yang penting. Ketika sudah waktunya tidur, pastikan bahwa anak tidak memiliki akses ke gadget, agar mereka tidak tergoda untuk begadang bermain game atau menonton kartun. Karena gadget dapat mengganggu jadwal tidur mereka, yang dapat berdampak negatif pada kesehatan mereka.

Menjaga Kebersihan Diri dan Merapikan Rumah

Cara keenam untuk membantu anak menjalani gaya hidup sehat adalah dengan mengajarkan mereka tanggung jawab pribadi dan tugas rumah tangga. Anak-anak dapat diajarkan secara bertahap untuk membersihkan kamarnya atau melakukan pekerjaan rumah tangga. Ini akan membantu mereka membangun rasa tanggung jawab dan disiplin yang akan bermanfaat saat mereka tumbuh dewasa.

Selain itu, mengajarkan mereka merawat diri juga sama pentingnya. Mendorong kebiasaan seperti menyikat gigi dan mandi secara teratur akan membantu anak terbiasa dengan kebersihan dan kesehatan tubuh. 

Etika Batuk dan Bersin

Cara terakhir untuk membiasakan anak-anak agar hidup lebih sehat adalah dengan mengajarkan etika batuk dan bersin yang benar. Mempelajari etika ini, anak dapat mencegah penyebaran tetesan bakteri dan melindungi orang lain dari penyakit atau partikel berbahaya. 

Etika ini melibatkan menutup mulut dan hidung dengan bagian dalam siku atau menggunakan tisu, lalu membuangnya ke tempat sampah. Ini akan mengajarkan anak-anak untuk memiliki kesadaran dan kepedulian terhadap orang lain.

Baca juga: Belajar Contoh Sikap Optimis Anak-anak dari Hoala & Koala

Komitmen Hoala & Koala dalam Mendukung Anak Hidup Lebih Sehat

Memiliki komitmen untuk membentuk pola hidup sehat bagi anak-anak sangatlah penting. Hal ini tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan mereka sendiri, tetapi juga bagi lingkungan sekitar. Memiliki kebiasaan sehat kita dapat memberikan pengaruh positif kepada orang lain untuk melakukan hal yang sama.

Hoala & Koala juga turut berperan dalam meningkatkan kesadaran anak-anak tentang pentingnya pola hidup sehat. Melalui lagu “Jalan Kaki Pagi-Pagi” dan “Minum Vitamin,” Hoala & Koala mengajak teman-teman untuk berjalan kaki saat di pagi hari ke tempat tujuan dan menyukai vitamin yang dapat membantu memenuhi nutrisi si Kecil.

Ayo, teman-teman, mari kita jalani pola hidup sehat bersama Hoala & Koala!